Mengenal Kanker Endometrium dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda mendengar istilah kanker endometrium? Jika belum, mari kita kenali bersama.

Kanker endometrium atau yang dikenal dengan kanker rahim merupakan salah satu jenis kanker yang dimulai melalui lapisan endometirium yang ada pada rongga rahim. Pendarahan yang berlebihan menjadi salah satu gejala yang sering ditunjukan. Selain gejala tersebut, ada banyak geala lainnya yang bisa mendeteksi bahwa Anda menderita kanker endometrium. Apa saja gejala tersebut? Berikut informasinya.

chat dokter kandungan
  • Sering merasakan nyeri pada bagian panggul, jika Anda sering merasakan hal ini, maka ada baiknya jika Anda segera memeriksakan ke dokter.
  • Sering keluar cairan abnormal yang bercampur dengan darah dari bagian organ vital
  • Adanya pendarahan meskipun sudah memasuki masa menopause
  • Terjadinya pendarahan secara mendadak di luar siklus menstruasi

Jika mulai muncul beberapa hal yang sudah disebutkan di atas, maka Anda benar-benar harus konsultasi dengan dokter kandungan. Jika Anda ingin memastikan tanpa harus datang ke rumah sakit, Anda bisa melakukan sesi konsultasi melalui fitur chat dokter kandungan yang tersedia di internet. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan jawaban yang meyakinkan untuk kemudian disarankan atas tindakan yang sebaiknya dilakukan.

Lalu apa saja penyebab yang membuat Anda mengalami pendarahan secara berlebihan, hingga membuat Anda menderita kanker endometrium? Umumnya, kanker endometrium terjadi karena adanya perubahan atau mutasi pada gen yang berkembang dengan cara yang abnormal. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa ada penyebab lain yang membuat kanker endometrium bisa terjadi.

  1. Belum pernah mengandung
  2. Terlalu dininya menstruasi pertama yaitu sebelum usia 12 tahun
  3. Adanya perubahan pada keseimbangan hormon estrogen dan progesteron pada tubuh wanita
  4. Menopause
  5. Menderita obesitas
  6. Adanya keluarga dengan riwayat kanker
  7. Sedang menjalani terapi kanker payudara

Bila Anda berada dalam salah satu posisi di atas, maka tidak menutup kemungkinan bahwa Anda terdeteksi menderita kanker endometrium. Kemudian, apa yang bisa Anda lakukan?

Pertama, Anda bisa pergi ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan panggul. Biasanya dokter akan memeriksa bagian luar dari organ vital seperti bagian vulva dan juga leher rahim. Selain itu, Anda akan diajak untuk melakukan pemeriksaan ultrasonografi dengan menggunakan USG.

USG dilakukan untuk melihat seberapa tebal dan bagaimana tekstur dari endometrium yang ada. Jika sudah, tes selanjutnya yang akan dilakukan adalah tes biopsi. Tes ini dilakukan dengan tujuan pengambilan sampel jaringan yang ada pada dinding rahim untuk kemudian diperiksa apakah benar terdapat sel kanker atau tidak.

Jika hasil biopsi menunjukan adanya kanker yang tumbuh dalam tubuh, maka Anda akan direkomendasikan dokter untuk melakukan tes radiologi seperti CT scan, MRI, atau X-ray. Pemeriksaan ini dilakukan agar dokter melihat, apakah penyebaran terjadi di dalam rahim dan langkah apa yang bisa dilakukan agar mencegah penyebaran.

Apabila hasil pemeriksaan sudah ada, maka langkah tepat yang harus Anda lakukan adalah dengan berkonsultasi dengan dokter kandungan. Apalagi jika Anda mengalami pendarahan melalui organ vital seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

Pastikan Anda mendapatkan informasi yang lengkap, seperti apa saja penyebab kanker ini bisa tumbuh di dalam tubuh Anda. Sudah berada di tingkat berapa kanker yang sedang Anda hadapi, dan apa yang harus dilakukan jika kanker mulai kambuh dan menyebar.

Jika Anda sudah mendapatkan informasi tersebut, segera lakukan tindakan pencegahan agar kanker tidak semakin menyebar. Semoga dengan informasi ini, kita bisa lebih peduli dengan kesehatan tubuh sehingga masalah seperti kanker endometrium tidak akan menghampiri Anda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>